Aku, Blog dan Pekerjaan

- 21.28
advertise here
Sudah hampir satu bulan blog FBWIT nggak diupdate. Banyak teman yang berkunjung rada kecewa karena postingannya tetap yang itu-itu juga. Bahkan ada yang komplain kenapa sekarang saya jarang main dan komen di blog rekan-rekan lainnya. Waduh, sekarang saya lagi terkena syndrome workholyc alias waktu full habis karena pas banyak kerjaan.

1. Mengajar
Mengajar dalam bayangan anda mungkin mudah. Pagi pergi ke sekolah, mengajar trus siang pulang. Tapi kenyataanya tidak begitu. Mengajar perlu persiapan. Membuat Rencana Pembelajaran, membuat soal evaluasi, menganalisis hasil tes, merekap absen, rekab nilai dan sebagainya. Hal ini kadang memakan waktu diluar jam tugas. Kadang mempersiapkan bahan mengajar saya lakukan sampai tengah malam.
Lokasi mengajar juga menjadi penyebab utama waktu habis tersita. Bayangkan kalau pulang pergi ke tempat kerja 100 km an jauhnya. Biasanya sih kami menginap di rumah dinas sekolah. Tapi kadang pulang pergi Bajayau Kandangan yang perlu waktu 2 jam perjalanan. Jadi kalau pas pulang kerja saya sampai di rumah pukul 16.00 sore.

2. Konsultan PAS
Saat ini saya menjadi konsultan PAS (Paket Aplikasi Sekolah) di kabupaten HSS. PAS adalah sebuah software sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh Depdiknas. Seluruh kegiatan sekolah dari penerimaan siswa baru sampai mencetak raport bisa dilakukan melalui PAS. Jadi data nilai, absensi, keuangan, kelakuan, kepegawaian, dan sebagainya dapat disimpan dan dikelola dengan PAS. Hebatnya lagi PAS versi terbaru memuat modul SMS sehingga seluruh data tersebut dapat diakses via sms. Mirip berbagai iklan di TV "ketik REG spasi bla..bla..bla). Bedanya dalam PAS, sms dikirimkan orang tua untuk mengakses data seperti nilai dan absensi anak.

Sekolah yang telah dan sedang mengimplementasikan software administrasi dan manajemen sekolah ini cukup banyak di HSS. Misalnya SMPN 1 Kandangan, SMAN 1 Daha Utara, SMAN 3 Kandangan, SMAN 1 Angkinang, SMPN 1 Simpur.
Saya diminta untuk melatih tenaga administrasi (TU) dan guru di sekolah-sekolah tersebut untuk mengoperasikan PAS ini. Selain itu sering diminta membantu mengatasi permasalahan teknis pada saat tertentu.

3. Instruktur TIK
Beberapa sekolah mengundang saya pada kegiatan IHT (In House Training) disekolahnya sebagai instruktor TIK bagi guru dan tenaga administrasi. Bermacam materi seperti system operasi, Word, Excel, PowerPoint, Photoshop, Internet, Blog diberikan. Seperti baru-baru ini saya memberikan materi TIK selama 5 hari full di SMPN 1 Kandangan untuk melatih Kepsek, Guru dan Tenaga Teknis di kelas RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).

4. Tutor UT
Selain itu saya juga diminta menjadi tutor (dosen) di PGSD UT Pokjar Banjarmasin wilayah Kandangan. Tutorial ini dilakukan pada hari minggu full time. Jadi pada saat PNS lain libur, hari minggu saya mengajar di UT. Mata kuliah yang diampu adalah Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK 4403).
Sebenarnya senang juga karena ini pengalaman pertama jadi dosen. Tapi masalahnya adalah yang harus saya ajar para guru senior, kepala sekolah di HSS. Banyak dari mereka adalah senior guru dilingkungan saya bekerja. Masa kerja mereka udah puluhan tahun dan kenyang makan asam garam pendidikan. Waduh, suatu tantangan yang berat tentunya.

Itulah alasan utama saya jarang ngeblog dan jarang blogwalking. Bayangkan waktu 24 jam hampir terkuras untuk bekerja. Tinggal sedikit waktu untuk anak dan isteri dirumah serta untuk istirahat. Tapi saat ini saya coba kembali menulis di blog memanfaatkan waktu yang tersisa.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search