Bingung! Pindah Tidak Ya?

- 20.18
advertise here
Saya telah bertahun-tahun mengajar di daerah terpencil. Segala suka dan duka telah dilalui. Sekarang yang tersisa adalah perasaan sayang kepada anak-anak didik yang polos. Rasa cinta pada keindahan rawa di Bajayau. Walau perjalanan dari kota Kandangan ditempuh cukup jauh, tapi segala rasa penat dan lelah akan hilang begitu melihat semangat belajar anak didik, melihat kepatuhan mereka pada guru.

Tiba-tiba datang tawaran untuk pindah kerja ke kota Kandangan. Saya ditawari dua pilihan, yakni pindah ke SMPN 1 Kandangan yang merupakan Sekolah Berstandar Internasional atau pindah ke SMAN 2 Kandangan sebagai sekolah yang diunggulkan dan berciri khas kemajuan TI. Bahkan pernah juga diberi tawaran pindah ke "struktural" yakni di bagian Tata Usaha Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sebagai manusia biasa tentu saya merasakan capai dan lelah jauhnya perjalanan untuk pergi mengajar ke daerah terpencil. Saya juga merasakan segala keterbatasan fasilitas dan prasarana pendidikan di daerah terpencil yang jauh dari kemajuan kota. Terkadang hati ini berkhayal, enaknya mengajar di kota . Jarak tempuh dekat, fasilitas lengkap, kalau pelatihan selalu diikutsertakan.

Tapi ada sebagian sisi hati ini yang masih ingin tetap bertahan di Bajayau. Masih ingin "bertempur" di garis depan. Masih ingin "menjadi guru" bagi anak-anak miskin di daerah terpencil. Entah kenapa terasa berat dan enggan pindah ke kota.

Bingung. Bagaimana jalan terbaik? Ada saran.....???
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search