Jumat, 04 Juli 2008

Pusing Menyusun Jadwal Pelajaran? di AscTimeTables aja!

Awal tahun ajaran berarti dimulainya kesibukan seluruh staff sekolah. Menyusun jadwal pelajaran termasuk pekerjaan utama yang memakan waktu dan pikiran. Apalagi jika jumlah kelas banyak maka makin rumit pula proses membuat pembagian jam mengajar ini. Jika tidak ingin terlalu pusing memikirkannya, bisa dicoba menggunakan bantuan program komputer AscTimeTables.




Langkah-langkah menyusun jadwal pelajaran dilakukan dengan terlebih dahulu menginput data-data yang diperlukan untuk menyusun jadwal. Data-data yang diperlukan adalah:



  1. Data Umum Sekolah

  2. Mata Pelajaran

  3. Kelas

  4. Ruangan (tidah harus ada)

  5. Guru

  6. Siswa (tidah harus ada)


Lebih mudahnya bisa dilihat di toolbar pada bagian menu Spesifikasi :



Baiklah, kita mulai saja belajar menyusun jadwal pelajaran menggunakan AscTime Tables. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Data Umum Sekolah



Isikan nama sekolah, tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran perhari, jumlah hari belajar perminggu. Perlu juga diperhatikan Work with zero lessons hanya diisi jika sekolah menerapkan adanya jam pelajaran ke-nol (jam 0) yakni jam tambahan sebelum jam pertama. Sedangkan Number of days adalah jumlah hari belajar perminggu. Umumnya di Indonesia jumlah hari belajar ada 6 hari dari Senin s/d Sabtu. Jumlah max jam/hari diisi sesuai keperluan sekolah. Misalnya untuk SMP dengan sistem KTSP bisa diisi dengan 7 jam pelajaran perharinya.


Data bel pada tab berikutnya bisa diisi bisa tidak. Demikian pula data alamat pada Custom Fields bisa diisi bisa tidak. Tapi yang bisa diperhatikan adalah data pada Parameter.



Pada bagian parameter terdapat pengatura untuk menghasilkan jadwal yang berbeda setiap kali di generate. Sedangkan Cek kelelahan berguna agar jadwal yang disusun memperhatikan banyaknya jam mengajar guru perhari atau dalam beberapa hari yang berurutan. Cek distribusi berguna untuk membagi beberapa jam pelajaran menjadi beberapa kali pertemuan dengan jeda hari. Terakhir Cek jeda guru berguna agar sistem memperhatikan jumlah guru yang mengajar perhari dan sedapat mungkin dibagi rata.


2. Pelajaran


Kita harus memasukan data mata pelajaran sesuai dengan kondisi sekolah lengkap dengan Nama Mata Pelajaran, kode, dan jam pelajaran perminggunya. Perhatikan contoh mata pelajaran SMPN 2 Daha Selatan di bawah ini:



Perhatikan tombol bagian kanan. Bila kita klik salah satu mata pelajaran maka tombol-tombol tertentu akan aktif. Silakan klik tombol Waktu Kosong. Gunanya adalah menentukan pada jam ke berapa saja suatu mata pelajaran dapat diajarkan. Misalnya mata pelajaran Olah raga / Penjaskes kan tidak lucu kalau diajarkan pada jam terakhir saat hari sedang panas. Tanda ceklist hijau artinya mata pelajaran ybs bisa diajarkan pada jam tersebut, tanda silang merah berarti tidak akan diletakkan pada jam tsb sedangkan tanda tanya artinya bisa ditempatkan tapi dengan prasyarat. Kalau jam 1 pada hari Senin artinya semua pelajaran tidak bisa ditempatkan pada waktu tsb karena sedang upacara bendera.



3. Kelas


Silakan isi data kelas sesuai dengan kelas yang direncanakan pada tahun ajaran baru akan datang. Misalnya bisa dilihat pada daftar kelas SMPN 2 Daha Selatan:



3. Klasruum (Ruangan)


Entah siapa yang salah, saya bingung juga melihat terjemahan ke bahasa Indonesia menjadi Klassruum. Tapi maksudnya adalah data semua ruangan yang bisa dipakai untuk belajar. Jadi bisa ruang kelas (Ingat ruang kelas beda dengan kelas), Laboratorium, Perpustakaan, Aula dan sebagainya.



4. Guru


Selanjutnya isilah data-data guru yang ada disekolah. Menambah data guru baru klik data baru. Lihatlah contoh data guru di bawah ini:



Perhatikan kolom waktu, dengan klik tombol waktu kosong kita dapat menentukan hari apa saja guru ybs kena jadwal mengajar dan jam berapa saja yang bisa mengajar.


Yang penting dan utama adalah pembagian jam mengajar guru permata pelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan klik guru ybs lalu tekan tombol Pelajaran.



Pada contoh ini, Bu Guru Budhi Annisa, S.Pd mengajar mata pelajaran IPA dan Seni Budaya. IPA ada 4 jam pelajaran perminggu dipecah menjadi 2 jam pelajaran setiap pertemuan. Sedangkan Seni budaya ada 2 jam pelajaran perminggu.


5. Generate Jadwal


Kalau semua data sudah OK silakan klik Menu Jadwal dan klik tombol Jadwal Baru.



Anda bisa memilih kategori penyusunan jadwal tingkat Normal, Sedang atau Tinggi. Bedanya adalah waktu yang diperlukan komputer untuk menyusun jadwalnya. Kategori kesulitan tinggi hasilnya bagus tapi memerlukan waktu hampir berjam-jam. Selamat Mencoba.


Bagi anda yang belum memiliki program Asc Time Tables bisa mendownload di Internet www.asctimetables.com.


0 komentar:

Posting Komentar


Top